PGP 108- - TUGAS INDIVIDU 8- KETERKAITAN INKUIRI APRESIATIF DENGAN BAGJA DAN 2 POIN FILOSOFI KHD - CGP- DIAN SAFITRI DEWI H-SMAS GENERUS BANGSA-KAB, DELI SERDANG
KETERKAITAN INKUIRI
APRESIATIF DENGAN BAGJA DAN 2 POIN FILOSOFI
KHD
CGP -108- DIAN SAFITRI DEWI HARAHAP-
SMA SWASTA GENERUS BANGSA—KUTALIMBARU- KAB. DELI SERDANG. Modul 1.3.a.9
Inkuiri apresiatif dikenal
sebagai pendekatan kolaboratif dalam melakukan perubahan yang berbasis
kekuatan, dikembangkan oleh David Cooperrider.yang menggunakan psikologi positif
dan yang berkolaborasi dengan suat system organisasi ataupun kelompok.
Lalu apakah Inkuiri Apresiatip itu?I Kalau kita
menyadari, secara harfiah, appresiatip
bermakna menyadari kehebatan atau menyatakan kekuatan atau kesuksesan
atau potensi, menghargai sesuatu, memberi nilai tambah dan bahkan mengambil
pelajaran akan sesuatu hal. Sedangkan Inkuiri bermakna
menayakan atau terbuka dalam melihat potensi, tindakan untuk mengeksplorasi
sesuatu, tindakan untuk menemukan sesuatu . Pendekatan Inkuiri apresiatif ini
focus pada pencarian kekuatan dan inti positif dari keberadaan komunitas untuk
membangun visi yang bias diraih secara kolektif atau berkolaborasi. Secara
garis besar Inkuiri Apresiatif jika digabungkan dengana
kodrat alam dan kodrat zaman KHD maka
dapaat disimpulkan bahwa IA suatu
pendekatan yang enginginkan perubahan yang lebih baik. Baik untuk diri sendiri,
peserta didik ataupun masyarakat.
Inkuiri Apresitif juga merupakan
sebuah pendekatan dalam mengembangkan perilaku organisasi dengan metode yang
mencoba menggunakan cara pengajuan pertanyaan atas kondisi sekarang dan
pengalaman dimasa lalu , dengan
menggalim potensi diri untuk memperbaiki kehidupannya di masa mendatang. Menggali
potensi atau kekuatan yang ada pada diri kita melakukan suatu perubahan dengan
energy yang positif sebagai seorang guru.
Paradigma Inkuiri Apresiatif yang berkaitan dengan
pemikiran KHD yaitu poin penting dalam pemikiran KHD yaitu tentang kodrat alam
dan kodrat Zaman. Hal tersebut dapat
kita buktikan saat kita melihat sesuatu
yang bermasalah atau kurang baik maka
akan timbul mainset baik agar masalah dapat diselesaikan dengan baik.
Pemahaman dan poin penting KHD yang paling meninjol adalah
1.
Menghargai perbedaan
Menghargai
perbedaan sangat penting sekali. Saling menghargai akan lebih memudah kita
dalam dalam menerima dan memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Pembelajaran yang berlangsung akan lebih bermakna dalam menggali setiap proses
minat dan bakat anak
2.
Mewujudkan karakter
budi pekerti yang luhurpada peserta didik dengan memberikan contoh yang baik pada mereka.. Sebab pada hakikatnya
pembelajarn berpusat pada anak dan secara berlesinambungan.
Sebagai
seorang calon guru penggerak harus memiliki visi kedepan atau impian kedepan
yang membawa perubahan kerah yang positif. Sekolah adalah rumah kedua bagi
peserta didik karena tempat ini adalah tempat mereka melakukan aktivitas
belajar dan bermain serta bersosialisasi dengan sesame rekan pelajar lainnya.
Dalam hal ini sekolah harus mampu memberikan kenyamanan dan keamanan yang
dibutuhkan oleh anak didik. Sekolah memegang peranan penting dalam mencerdaskan
kehidupan bangsa, untuk itu sekolah harus memiliki tujuan yang jelas yang
dijabarkan dalam visi dan misi sekolah.
Kata
kunci dari inkuiri adalah mengajukan sebuah pertanyaan dan tentunya pertanyaan
yang merangsang hal yang positif. Saya sebagai seorang calon guru penggerak kita
juga harus punya visi, Visi yang dapat membuat pembelajaran yang menyenangkan
pada diri anak, yang memotivasi anak dalam membuat hal positif jadi lebih positif lagi. Mengedeoankan dan mendukung dan memberi
kekuatan pada hal-hal yang sudah ada,
Hinga kita bisa membuat anak lebih
mandiri, positip, kreatif,
berkolaboratif dan lebih inovasi lagi dalam setiap pembelajaran
BAGJA dapat
diterapkan dari tindakan hal-hal kecil sebagai model managemen perubahan
menggunakan paradigma Inkuiri Apresiatif, membantu seorang guru penggerak
melangkah dalam melakukan aksi nyata dalam kontek pendidikan di sekolah, mulai
dari mengidentifikasi hal-hal yang baik, pendekatan-pendekatan positif dan
hal-hal baik yang sudah ada diskolah kita kemudian tetap melestarikan dan
mempertahankan hal-hal yang baik dan mulailahmengaplikasikannya dalam
pembelajafan.
Guru
penggerak adalah agen perubahan, yang memiliki visi kedepan untuk melakukan
perubahan nyata dan konkrit apresiatif bersama dengan kepala sekolah dan rekan
sejawat yang berdampak posistif bagi peserta didik dalam sebuah lembaga
pendidikan. Akronim BAGJA dalam bahasa sunda artinya adalah
“bahagia”. BAGJA yang dikemukakan diatas adalah buat
pertanyaan umum, ambil pelajaran, gali mimpi, jabarkan rencana, dan atur
eksekusi,
Terima kasih
Mantap bu, usul ketikannya masih ada yg belum pas.
BalasHapus