PGP 108- - TUGAS INDIVIDU 8- KETERKAITAN INKUIRI APRESIATIF DENGAN BAGJA DAN 2 POIN FILOSOFI KHD - CGP- DIAN SAFITRI DEWI H-SMAS GENERUS BANGSA-KAB, DELI SERDANG

 

KETERKAITAN INKUIRI APRESIATIF DENGAN BAGJA DAN 2 POIN FILOSOFI  KHD

CGP -108- DIAN SAFITRI DEWI HARAHAP- SMA SWASTA GENERUS BANGSA—KUTALIMBARU- KAB. DELI SERDANG. Modul 1.3.a.9

 Inkuiri apresiatif dikenal sebagai pendekatan kolaboratif dalam melakukan perubahan yang berbasis kekuatan, dikembangkan oleh David Cooperrider.yang menggunakan psikologi positif dan yang berkolaborasi dengan suat system organisasi ataupun kelompok.

Lalu apakah Inkuiri Apresiatip itu?I Kalau kita menyadari, secara  harfiah, appresiatip  bermakna menyadari kehebatan atau menyatakan kekuatan atau kesuksesan atau potensi, menghargai sesuatu, memberi nilai tambah dan bahkan mengambil pelajaran akan sesuatu hal. Sedangkan Inkuiri   bermakna menayakan atau terbuka dalam melihat potensi, tindakan untuk mengeksplorasi sesuatu, tindakan untuk menemukan sesuatu . Pendekatan Inkuiri apresiatif ini focus pada pencarian kekuatan dan inti positif dari keberadaan komunitas untuk membangun visi yang bias diraih secara kolektif atau berkolaborasi. Secara garis besar Inkuiri Apresiatif jika digabungkan dengana kodrat alam dan kodrat zaman KHD  maka dapaat disimpulkan bahwa IA  suatu pendekatan yang enginginkan perubahan yang lebih baik. Baik untuk diri sendiri, peserta didik ataupun masyarakat.  Inkuiri Apresitif juga  merupakan sebuah pendekatan dalam mengembangkan perilaku organisasi dengan metode yang mencoba menggunakan cara pengajuan pertanyaan atas kondisi sekarang dan pengalaman dimasa lalu ,     dengan menggalim potensi diri untuk memperbaiki kehidupannya di masa mendatang. Menggali potensi atau kekuatan yang ada pada diri kita melakukan suatu perubahan dengan energy yang positif sebagai seorang guru.

Paradigma  Inkuiri Apresiatif yang berkaitan dengan pemikiran KHD yaitu poin penting dalam pemikiran KHD yaitu tentang kodrat alam dan kodrat Zaman.  Hal tersebut dapat kita buktikan saat  kita melihat sesuatu yang bermasalah atau kurang baik maka  akan timbul mainset baik agar masalah dapat diselesaikan dengan  baik.

Pemahaman dan poin penting  KHD yang paling meninjol adalah

1.      Menghargai perbedaan

Menghargai perbedaan sangat penting sekali. Saling menghargai akan lebih memudah kita dalam dalam menerima dan memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pembelajaran yang berlangsung akan lebih bermakna dalam menggali setiap proses minat dan bakat anak

2.      Mewujudkan karakter budi pekerti yang luhurpada peserta didik dengan memberikan contoh yang  baik pada mereka.. Sebab pada hakikatnya pembelajarn berpusat pada anak dan secara berlesinambungan.

Sebagai seorang calon guru penggerak harus memiliki visi kedepan atau impian kedepan yang membawa perubahan kerah yang positif. Sekolah adalah rumah kedua bagi peserta didik karena  tempat ini adalah tempat mereka melakukan aktivitas belajar dan bermain serta bersosialisasi dengan sesame rekan pelajar lainnya. Dalam hal ini sekolah harus mampu memberikan kenyamanan dan keamanan yang dibutuhkan oleh anak didik. Sekolah memegang peranan penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, untuk itu sekolah harus memiliki tujuan yang jelas yang dijabarkan dalam visi dan misi sekolah.

         Kata kunci dari inkuiri adalah mengajukan sebuah pertanyaan dan tentunya pertanyaan yang merangsang hal yang positif. Saya sebagai seorang calon guru penggerak kita juga harus punya visi, Visi yang dapat membuat pembelajaran yang menyenangkan pada diri anak, yang memotivasi anak dalam membuat  hal positif jadi lebih positif lagi.  Mengedeoankan dan mendukung dan memberi kekuatan pada hal-hal yang sudah ada,

Hinga kita bisa membuat anak lebih mandiri, positip,  kreatif, berkolaboratif dan lebih inovasi lagi dalam setiap pembelajaran

            BAGJA dapat diterapkan dari tindakan hal-hal kecil sebagai model managemen perubahan menggunakan paradigma Inkuiri Apresiatif, membantu seorang guru penggerak melangkah dalam melakukan aksi nyata dalam kontek pendidikan di sekolah, mulai dari mengidentifikasi hal-hal yang baik, pendekatan-pendekatan positif dan hal-hal baik yang sudah ada diskolah kita kemudian tetap melestarikan dan mempertahankan hal-hal yang baik dan mulailahmengaplikasikannya dalam pembelajafan.

            Guru penggerak adalah agen perubahan, yang memiliki visi kedepan untuk melakukan perubahan nyata dan konkrit apresiatif bersama dengan kepala sekolah dan rekan sejawat yang berdampak posistif bagi peserta didik dalam sebuah lembaga pendidikan. Akronim BAGJA dalam bahasa sunda artinya adalah “bahagia”. BAGJA yang dikemukakan diatas adalah buat pertanyaan umum, ambil pelajaran, gali mimpi, jabarkan rencana, dan atur eksekusi,


Terima kasih

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

2.3.a.5.1. Unggah Hasil Rekaman Ruang Kolaborasi - Teknik Coaching dari Model Tirta