3.3.a.9. Koneksi Antarmateri - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid
MODUL 3.3.A.9.
KONEKSI ANTAR MATERI – PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID
DIAN SAFITRI DEWI HARAHAP, S.Pd
SMA S GENERUS BANGSA
PDP 108 CGP ANGKATAN 1
KABUPATEN DELI SERDANG
Fasilitator : RUKMANA
Pendamping : M. IRSAN BARUS
- HAL-HAL MENARIK YANG DAPAT ANDA TARIK DARI PEMBELAJARAN MODUL MATERI INI DAN BAGAIMANA BENANG MERAH YANG BISA ANDA TARIK DARI KETERKAITAN ANTAR MATERI YANG DIBERIKAN DALAM MODUL 3.3?
- HAL-HAL MENARIK YANG DAPAT ANDA TARIK DARI PEMBELAJARAN MODUL MATERI INI DAN BAGAIMANA BENANG MERAH YANG BISA ANDA TARIK DARI KETERKAITAN ANTAR MATERI YANG DIBERIKAN DALAM MODUL 3.3?
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat program, seperti tahapan membuat program mulai dari perencanaan, monitoring dan evaluasi.
MONITORING
EVALUASI LEARNING
REPORTING
MONITORING
Suatu kegiatan yang yang dilakukan dalam rangka pengawasan dan pengendalian kegiatan yang dilaksanakan, untuk umpan balik pelaksanaan kegiatan yang sedang
berjalan. Dimana kegiatan ini dilakukan dengan melihat langsung pelaksanaan kegiatan untuk mengetahui kesesuaian antara perencanaan dan pelaksanaan dengan keberhasilan
EVALUASI
Proses pengukuran hasil yang dicapai dibandingkan dengan sasaran yang telah ditentukan sebagai bahan penyempurnaan dari perencanaan dan pelaksanaan
12 PRINSIP MONITORING DAN EVALUASI
Mengetahui alasan mengapa monotoring dan evaluasi dibutuhkan
Etika dan proteksi data
Menjelaskan data
Menyetujui prinsip-prinsip yang menjadi pedoman
Menganalisis dan menggunakan informasi
Menentukan program atau proyek yang dimonitor
Menilai kontribusi/pengaruh yang diberikan
Menentukan siapa saja yang terlibat dalam setiap tahapan monitoring dan evaluasi
Memutuskan bagaimana informasi diperoleh
Menentukan topik kunci dan pertanyaan untuk melakukan investigasi
Mengklarifikasi sasaran, tujuan, aktivitas dan langkah-langkah untuk berubah
Mengidentifikasi informasi yang perlu diketahui
LEARNING (PEMBELAJARAN)
FACT -
Catatan objektif tentang apa yang terjadi
FEELING –
Reaksi
emosional terhadap situasi
4F
FINDING –
Pembelajaran
konkrit yang diambil dari situasi tersebut
MANAJEMEN RESIKO
RESIKO PEMENUHAN
RESIKO KEUANGAN
RESIKO OPERASIONAL
PENGUKURAN RESIKO
STRATEGI DALAM PENGENDALIANRESIKO
TAHAPAN MANAJEMEN RESIKO
IDENTIFIKASI RESIKO
EVALUASI TERUS-MENERUS, MAJU DAN BERKELANJUTAN
BENANG MERAH YANG BISA ANDA TARIK DARI KETERKAITAN ANTARMATERI YANG DIBERIKAN DALAM MODUL 3.3?
RESIKO DALAM SEBUAH PROGRAM MERUPAKAN SEBUAH LANGKAH
AWAL YANG DAPAT DILAKUKAN UNTUK MENGANTISIPASI SEGALA SESUATU YANG KEMUNGKINAN BESAR DAPAT TERJADI, TERMASUK JUGA DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN PROGRAM PENDIDIKAN.
OLEH KARENA ITU, SEKOLAH SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN WAJIB MELAKUKAN RANGKAIAN ANALISIS DAN METODOLOGI YANG DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MENGIDENTIFIKASI, MENGUKUR, MENGENDALIKAN DAN MENGEVALUASI RESIKO YANG MUNGKIN TIMBUL DARI PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH.
Sekolah membuat program dengan mempertimbangkan
Aset Based Thingking ataU kekUatan yang ada di sekolah sehingga program sekolah tersebUt akan memberikan dampak pada mUrid.
Semua aset yang ada disekolah dijadikan kekuatan dan dioptimalkan sedemikian rupa tanpa menunggu bantuan dari pihak luar. Dengan demikian tujuan sekolah yang berpihak pada murid dapat tercapai dengan menggunakan metode BAGJA sebagai panduan dalam pengelolaan program yang berdampak pada murid.
KAITAN DENGAN MATERI LAIN
KAITAN DARI SEMUA MATERI TERSEBUT DENGAN PERAN ANDA SEBAGAI GURU PENGGERAK?
Peran saya sebagai guru penggerak adalah menuntun siswa berdasarkan kodratnya agar siswa dapat mencapai merdeka belajar sesuai dengan filosofi pendidikan ki hajar dewantara. Oleh karena itu, dalam pembelajaran saya harus memetakan siswa berdasarkan karakteristiknya.
.Mengoptimalkan semua aset yang ada di sekolah sebagai kekuatan yang bila dikembangkan untuk kemajuan sekolah.
Selalu berfikir positif bahwa apa yang ada di sekolah adalah merupakan kekuatan yang harus dikembangkan dalam merancang program yang berdampak pada murid.

Komentar
Posting Komentar