LembarAnalisis Diri Dalam Menggerakkan Komunitas Praktisi

 LEMBAR ANALISA DIRI DALAM MENGGERAKKAN KOMUNITAS PRAKTISI

 

 

NAMA GURU PENGGERAK

: DIAN SAFITRI  DEWI HRP., S.Pd

ASAL SEKOLAH

:SMA Swasta Generus Bangsa Deli serdang

 

 

 

ANALISA DIRI

UNTUK MENJALANKAN PERAN DALAM MENGGERAKKAN KOMUNITAS PRAKTISI

KELEMAHAN

KELEBIHAN

1.             Mind set nyaman dengan zonanya membuat saya sendiripun harus memberi contoh dulu sebagai panutan orang lain. Keluar dari zona nyaman itu harus disanggupi dari dalam diri dan dilakukan secara konsisten.

2.             Mengajak setiap guru untuk membentuk komunitas praktisi harus sabar karena tidak semua guru memiliki mind set untuk bergerak melewati batas zona nyamannya.

3.             Guru di SMP Negeri Satap Sangkan Gunung kebanyakan guru honor yang induknya tidak di sekolah tempat saya. Jadi sulit untuk mengajak guru tesebut untuk menyatukan visi membangun komunitas praktisi sekolah. Karena mereka lebih banyak berkerja membangun komunitas di sekolah induknya.

4.             Keterbatasan waktu untuk mengadakan kegiatan komunitas praktisi sekolah. Mengingat padatnya kegiatan pembelajaran di sekolah, lomba-lomba membimbing anak dan waktu untuk guru dalam keluarga mupun sebagai anggota masyarakat.

1.             Kepala satuan pendidikan memiliki nilai positif seorang pemimpin dan kemampuan IT dan loyalitas yang tinggi kepada rekan guru. Hal tersebut mendukung untuk mengajak guru membentuk komunitas praktisi di sekolah.

2.             Saya sebagai guru memiliki semangat intrinsik untuk memajukan pendidikan, menginovasi pembelajaran dengan model yang kontekstual dan sesuai perkembangan jaman.

3.             Kemampuan IT memudahkan saya menyediakan sarana untuk melakukan komunikasi, baik virtual maupun tatap muka.

4.             Pengalaman dalam melaksanakan praktik baik dapat dibagikan dengan guru di sekolah maupun komunitas di MGMP IPA.

5.             Pengalaman saya sebagai Sahabat Rumah Belajar Provinsi Bali tahun 2020 dapat saya bagikan kepada komunitas saya untuk memotivasi guru lain memanfatka IT sebagai pendukung pembelajaran.

6.             Kegemaran saya menulis Blog dapat saya tularkan kepada guru lain untuk semangat menulis, berkarya, menginovasi pembelajaran dengan Blog, dan mendokumentasikan kegiatan apapun terkait pembelajaran dalam blog yang dimiliki.


CARA SAYA UNTUK MENINGKATKAN DIRI

UNTUK MENJALANKAN PERAN DALAM MENGGERAKKAN KOMUNITAS PRAKTISI

 

1.             Keluar dari zona nyaman

Belajar nyaman dengan ketidaknyamanan.

2.             Konsistensi

Konsisten dengan mind set diri bergerak kearah yang lebih positif (Ing Ngarsa sung tuladha)

Memberikan semangat dan visrasi positif (Ing madya mangun karsa)

Mendorong melakukan perubahan pembelajaran secara relevan dan kontekstual (Tut wuri handayani)

3.             Perkecil kelemahan perbesar kelebihan

4.             Membangun relasi membangun jejaring

5.             Bekerja cerdas

6.             Lakukan evaluasi dan refleksi

7.             Mengapresiasikan sekecil apapun kemajuan yang telah diperoleh. Karena hal tersebut

bagian dari sebuah perjuangan

8.             Buatlah catatan kecil jadwal kerja.

9.             Berhati-hati dalam membuat keputusan, belajar literasi memecahkan permasalahan

10.      Belajarlah memahami hukum keseimbangan alam (konsep Rwa Bineda)

Hitam dan putih akan berjalan seimbang. Ada hal positif pasti ada pula hal negatif. Ada pihak yang mendukung ada pula yang tidak mendukung.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

2.3.a.5.1. Unggah Hasil Rekaman Ruang Kolaborasi - Teknik Coaching dari Model Tirta