Rancangan Aksi Nyata- Pelaksanan Upacara yang Berpihal pada murid -
Rancangan Tindakan untuk Aksi Nyata
Pelaksanaan Upacara Bendera yang Berpihak PadaMurid dan Dinantikan Oleh Seluruh WargaSekolah
oleh: Dian Safitri Dewi Harahap, S,Pd
Latar belakang
(Apa yang mendasari Anda membuat rancangan tindakan ini?)
Pelaksanaan upacara selalu diadakan di setiap sekolah pada hari senin. Selain itu pelaksanaanupacara juga dilakukan pada hari-hari besar negara. Seperti hari ulang tahun RI , hari sumpahpemuda dan lainnya.
Namun terkadang kita tidak menyadari, apakah pelaksanaan itu membuat hal baik pada anak,menyenangkan atau sesuai seperti apa yang mereka inginkan
Untuk itulah perlunya dirancang sebuah pelaksanaaan upacara yang berpihak pada murud danselalu di tunggu kehadirannya,
Tujuan
(Apa dampak pada murid yang ingin dilihat dari rancangan tindakan ini?) 1.Melaksananakankegiatan upacara yang menyenangkan dan mempunyai kebiasaan baru seperti yang sudah dirancang
2. Melaksanakan uacara bendera yang berihak pada muris serta menjadi perubahan yang selaludi nanti
Linimasa tindakan yang akan dilakukan
Membuat daftar pertanyaan dan menyusun strategi pelaksanaannya.
1. Bagaimana cara melakukan Upacara Bendera yang berpihak kepada murid dan dinantikanoleh seluruh warga sekolah?
a. Memberikan kesempatan kepada siswa menjadi petigas upacara
secara bergantian
b, Berkaloborasi dengan siswa untuk merancang desain upacara
yang menyenangkan
2.Apa saja hal yang menarik dari Upacara Bendera sebelumnya?
3. Bagaimana kondisi fisik sekolah sebagai sarana pelaksanaan upacara bendera
dimaksud
4. Bagaimana kondisi fisik sekolah sebagai sarana pelaksanaan upacara bendera
dimaksud
5. Siapa saja yang terlibat dalam mewujudkan rencana melaksanakan upacara bendera
dimaksud?
Strategi:-
Bentuk Tim dan mengajak siswa masuk tim yang bisa diajak kolaboras Melakukan survey(wawancara, kuis)untuk membuat upacara lebih menarik Menyedikan seragam petugas yangberbeda dari peserta/identitas
Mengandekan pemberian hadiah dan atraksi atau hiburanpadasaat upacara atau diakhir upacara
Membuat formasi yang menyenangkan untuk pasukanpengibarbendera
Mengandekan jadwal guru untuk sesekali jadi petugas
Tolak Ukur
(Bukti apa yang dapat dijadikan indikator bahwa tindakaniniberjalan dengan b
1,Peserta didik dapat mengikuti pelaksanaanupacaradenganantusias dan selalu menantikan
kegiatannta
2, Terciptanya rasa nasionalisme yang semakin tinggi
Dukungan ya ng dibutuhkan
(Apa saja bahan, alat, atau pihak yang Anda butuhkanuntukmenjalankan tindakan? Bagaimana Andaakanmendapatkannya?
1. Dalam hal ini sangat perlu dukungan dari kepalasekolah,menyangkut izin tambahan waktu dalam melatihformasipasukan pengibar bendera. Persiapan atraksi danlainnyayang berhubungan dengan rancangan yang disepakati
2. Dari rekan-rekan guru yang kira-kira ingin juga kutmembantudalam menyubangkan idenya saat melakukansurvey.
3. Dari orang tua peserta didik.
Cara Mendaptkan dukungan itu adalah denganmengadakanpendekatan pada semua pihak terutama Kepalasekolah lalumenjelaskan manfaat yang akan kita dapatkan baikuntukdirisiswa sendiri, sekolah dan guru-guru lainya.
Kemudian menunjukan bukti kesreriusaan anak dalammemulaiberkarya.
FOTO KEGIATAN
Pembina Upacara dari Polsek
1.
2. Formasi Pasukan pengibar bendera
3 Pemberian hadiah dan penghargaan ada siswa setelah selesaiuacara.
4. Pelaksanaan lomba masak setelah pelaksanaan upacara
Komentar
Posting Komentar