KEGIATAN SEKOLAH
( Membuat Upacara yang
Menyenangkan)
Dian Safitri Dewi Harahap
CGP 108
A. A. Latar
Belakang
SMA Swasta Generus Bangsa, merupakan sekolah yang
terletak di daerah perkebunan dan perladangan penduduk yang kebanyakan bertanam
jambu taiwan dan jambu merah. Sekolah kami yang jauh dari kota dan akses kenderaan
yang sangat sulit serta susahnya kenderaan dan tidak menyurutkan siswa yang ingin mendaftar
di sekolahg kami. Siswa sekolah kami berasal dari berbagai provinsi. Bukan hanya
dari Sumatera Utara tapi juga dari Aceh, Padang, Riau dan lainnya. Siswa sekolah kami rata-rata dan semuanya
tinggal di asrama, tidak ada yang pulang ke rumah. Karena sekolah kami memang
berbasis pondok pesantren maka proses pembelajaran yang berlangsung bukan hanya
pembelajaran umum, tapi anka juga mendapat pembelajaran dan materi pondok. Umumnya
siswa berada di sekolah ini adalah anak dari kalangan petani juga, sepertri
petani kopi di aceh takengon, petani cengkeh di semeuleu dan petani sawit di
Riau Pakanbaru. Sekolah yang berada di Kawasan
Kecamatan Kutalimbaru ini memang masih kurang di kenal, karena letaknya dan
tempatnya dan baru berdiri sekitar tahun 2011. Di sekolah ini sebenarnya banyak
hal yang bias di manfaatkan dan di olah, oleh guru dan siswanya.
B. B Deskripsi
Aksi nyata dan Alasan Melakukan ini
Kali ini saya sebagai CGP akan memperkenalkan dan memperlihatkan
bagaimana kami melaksanakan upacara yang sangat menyenangkan bagi murid.
Upacara adalah kegiatan rutin pada sebuah sekolah yang dilaksanakan pada setiap
hari senin dan hari-hari besar lainnya. Namun
terkadang upacara itu terasa begitu membosankan dan tidak menarik. Dalam hal ini
CGP berkolaborasi dengan rekan- rekan sejawat dan sekolah berniat mengadakan
sebuah upacara yang menyenangkan dan selalu dinantikan oleh siswa. Sebuah
upacara yang menjadi hal yang mereka nantikan. Dari kegiatan ini diharapkan
setiap siswa ikut andil dan berlomba-lomba untuk ikut dalam kegiatan upacara.
Berdasarkan hasil kesepakatan Kepala
Sekolah, Guru-guru dan siswa maka diadakan pelatihan dan pembicaraan kegiatan tersebut. Shingga kegiatan upacara teasa
lebih bermakna dan bias menjadikan profil pelajar Pancasila. Upacara yang kita lakukan diadakan perubahan
yaotu :
a.
Merubah susunan formasi pengibar bendera.
b.
Mengganti pembina upacara yang bukan hanya
dari guru-guru sekolah atapi juga dari unsur lain
c.
Membuat jadwal tertulis tentang jadwal
pelaksana ucapara dan memberikan reward atau hadiah pada setiap triwulan untuk
kelompok terbaik
d.
Memberikan hadiah setiap pelaksanaan
upoacara terkait kebersihan , keindahan
kelas dan hasil kreatifitas siswa.
e.
Mengadakan pentas seni atau atrakssi
setelah upacara.
f.
dll
C. C. Hasil
Aksi Nyata
Hasil
aksi nyata yang dilakukan adalah, siswa banyak yang antusias dengan upacara
yang sekarang dilaksanakan. Selain merekla juga punya kesempatan untuk
menonjolkan bakat diri mereka juga
berkesempatan untuk tampil dan mendapatkan
hadiah. Bagi guru juga lebih cermat dalam memberikan nasehat atau amanat
saat menjadi pembina upacara.
D. D. Rencana
Ke Depan
Rencana
ke depan dari kegiatan ini adalah, agar semua kelas , mempunyai tim yang solid
dan kompak untuk pelaksanaan upacara. Juga setiap kelas agar mempunyai persiapan
untuk atraksi yang akan mereka tampilkan bila waktunya tiba.
Kegagalan
pasti ada, namun diharapkan ini bias terlaksana dan menganggap kegagalan
sebagai cambuk untuk lebih baik lagi.
E. E. Dokumentasi
dan Hasil-kegiatan
1. Petugas
sedang bersiap

2. PemimpinUpacarasedangBersiap
3. Pembina
dari Babinsa ( Jadwal Bergantian)

4.
Pembawa Bendera


5.
Guru-


6.
Pemberian Hadiah atas Hasil Kreastifitas anak membuat
Kaligrafi dari biji-bijian

Komentar
Posting Komentar