1.3.a.9 - Koneksi Antar Materi
Rancangan Tindakan untuk Aksi Nyata
Judul Modul:Pelaksanaan Upacara Bendera yang Berpihak Pada Murid dan Dinantikan Oleh Seluruh Warga Sekolah
Nama Peserta : Dian Safitri Dewi Harahap, S,Pd
Latar belakang
(Apa yang mendasari Anda membuat rancangan tindakan ini?)
Pelaksanaan upacara selalu diadakan di setiap sekolah pada hari senin. Selain itupelaksanaan upacara juga dilakukan pada hari-hari besar negara. Seperti
hari ulangtahun RI , hari sumpah pemuda dan lainnya.
Namun terkadang kita tidak menyadari, apakah pelaksanaan itu membuat hal baikpada anak, menyenangkan
atau sesuai seperti apa yang mereka inginkan
Untuk itulah perlunya dirancang sebuah pelaksanaaan upacara yang berpihak padamurud dan selalu di tunggu kehadirannya,
Tujuan
(Apa dampak pada murid yang ingin dilihat dari rancangan tindakan ini?)
1.Melaksananakan kegiatan upacara yang menyenangkan dan mempunyaikebiasaan baru seperti yang sudah di rancang
2.Melaksanakan uacara bendera yang berihak pada muris serta menjadi perubahanyang selalu di nanti
Linimasa tindakan yang akan dilakukan
Membuat daftar pertanyaan dan menyusun strategi pelaksanaannya.
1.Bagaimana cara melakukan Upacara Bendera yang berpihak kepada murid dandinantikan oleh seluruh warga sekolah?
a. Memberikan kesempatan kepada siswa menjadi petigas upacara
secara bergantian
b, Berkaloborasi dengan siswa untuk merancang desain upacara
yang menyenangkan
2. Apa saja hal yang menarik dari Upacara Bendera sebelumnya?
3, Bagaimana kondisi fisik sekolah sebagai sarana pelaksanaan
upacara
bendera dimaksud?
4, Bagaimana kondisi fisik sekolah sebagai sarana pelaksanaan
upacara benderadimaksud
5, Siapa saja yang terlibat dalam mewujudkan rencana melaksanakan upacarabendera
dimaksud?
Strategi:-
Bentuk Tim dan mengajak siswa masuk tim yang bisa diajak kolaboras
Melakukan survey (wawancara, kuis)untuk membuat upacara lebih menarik
Menyedikan seragam petugas yang berbeda dari peserta/identitas
Mengandekan pemberian hadiah dan atraksi atau hiburanpada saat upacara atau diakhir upacara
Membuat formasi yang menyenangkan untuk pasukanpengibar bendera
Mengandekan jadwal guru untuk sesekali jadi petugas
Tolak Ukur
(Bukti apa yang dapat dijadikan indikator bahwa tindakanini berjalan dengan b
1,Peserta didik dapat mengikuti pelaksanaan upacaradengan antusias dan selalu menantikan
kegiatannta
2, Terciptanya rasa nasionalisme yang semakin tinggi
Dukungan ya ng dibutuhkan
(Apa saja bahan, alat, atau pihak yang Anda butuhkan untukmenjalankan tindakan? Bagaimana Anda akanmendapatkannya?
1. Dalam hal ini sangat perlu dukungan dari kepala sekolah,menyangkut izin tambahan waktu dalam melatih formasipasukan pengibar bendera. Persiapan atraksi dan lainnyayang berhubungan dengan rancangan yang disepakati
2. Dari rekan-rekan guru yang kira-kira ingin juga kutmembantu dalam menyubangkan idenya saat melakukansurvey.
3. Dari orang tua peserta didik.
Cara Mendaptkan dukungan itu adalah dengan mengadakanpendekatan pada semua pihak terutama Kepala sekolah lalumenjelaskan manfaat yang akan kita dapatkan baik untukdirisiswa sendiri, sekolah dan guru-guru lainya.
Kemudian menunjukan bukti kesreriusaan anak dalammemulai berkarya.
Komentar
Posting Komentar