1.3.a.9 - Koneksi Antar Materi

                                    Rancangan Tindakan untuk Aksi Nyata

Judul Modul:Pelaksanaan Upacara Bendera yang Berpihak Pada Murid dan Dinantikan Oleh Seluruh                           Warga Sekolah

Nama Peserta : Dian Safitri Dewi Harahap, S,Pd


Latar belakang

(Apa yang mendasari Anda membuat rancangan tindakan ini?)

Pelaksanaan upacara selalu diadakan di setiap sekolah pada hari senin. Selain itupelaksanaan upacara juga dilakukan pada hari-hari besar negara. Seperti

hari ulangtahun RI , hari sumpah pemuda dan lainnya.

Namun terkadang kita tidak menyadari, apakah pelaksanaan itu membuat hal baikpada anak, menyenangkan

atau sesuai seperti apa yang mereka inginkan

Untuk itulah perlunya dirancang sebuah pelaksanaaan upacara yang berpihak padamurud dan selalu di tunggu kehadirannya,

Tujuan

(Apa dampak pada murid yang ingin dilihat dari rancangan tindakan ini?)

1.Melaksananakan kegiatan upacara yang menyenangkan dan mempunyaikebiasaan baru seperti yang sudah di rancang

2.Melaksanakan uacara bendera yang berihak pada muris serta menjadi perubahanyang selalu di nanti

Linimasa tindakan yang akan dilakukan

Membuat daftar pertanyaan dan menyusun strategi pelaksanaannya.

1.Bagaimana cara melakukan Upacara Bendera yang berpihak kepada murid dandinantikan oleh seluruh warga sekolah?

a. Memberikan kesempatan kepada siswa menjadi petigas upacara

secara bergantian

b, Berkaloborasi dengan siswa untuk merancang desain upacara

yang menyenangkan

2. Apa saja hal yang menarik dari Upacara Bendera sebelumnya?

3, Bagaimana kondisi fisik sekolah sebagai sarana pelaksanaan

upacara

bendera dimaksud?

4, Bagaimana kondisi fisik sekolah sebagai sarana pelaksanaan

upacara benderadimaksud

5, Siapa saja yang terlibat dalam mewujudkan rencana melaksanakan upacarabendera

dimaksud?

Strategi:-

Bentuk Tim dan mengajak siswa masuk tim yang bisa diajak kolaboras

Melakukan survey (wawancara, kuis)untuk membuat upacara lebih menarik

Menyedikan seragam petugas yang berbeda dari peserta/identitas

Mengandekan pemberian hadiah dan atraksi atau hiburanpada saat upacara atau diakhir upacara

Membuat formasi yang menyenangkan untuk pasukanpengibar bendera

Mengandekan jadwal guru untuk sesekali jadi petugas

Tolak Ukur

(Bukti apa yang dapat dijadikan indikator bahwa tindakanini berjalan dengan b

1,Peserta didik dapat mengikuti pelaksanaan upacaradengan antusias dan selalu menantikan

kegiatannta

2, Terciptanya rasa nasionalisme yang semakin tinggi

Dukungan ya ng dibutuhkan

(Apa saja bahan, alat, atau pihak yang Anda butuhkan untukmenjalankan tindakan? Bagaimana Anda akanmendapatkannya?

1. Dalam hal ini sangat perlu dukungan dari kepala sekolah,menyangkut izin tambahan waktu dalam melatih formasipasukan pengibar bendera. Persiapan atraksi dan lainnyayang berhubungan dengan rancangan yang disepakati

2. Dari rekan-rekan guru yang kira-kira ingin juga kutmembantu dalam menyubangkan idenya saat melakukansurvey.

3. Dari orang tua peserta didik.

Cara Mendaptkan dukungan itu adalah dengan mengadakanpendekatan pada semua pihak terutama Kepala sekolah lalumenjelaskan manfaat yang akan kita dapatkan baik untukdirisiswa sendiri, sekolah dan guru-guru lainya.

Kemudian menunjukan bukti kesreriusaan anak dalammemulai berkarya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2.3.a.5.1. Unggah Hasil Rekaman Ruang Kolaborasi - Teknik Coaching dari Model Tirta