Modul : 1.2.b. 11-RANCANGAN AKSI NYATA-CGP ANGKATAN 1- PGP108=KAB DELI SERDANG

 

     Rancangan Tindakan untuk Aksi Nyata

                      

Judul Aksi Nyata  : Menumbuhkan Minat Pelajar Pancasila   Menghasilkan

                                Sebuah Karya Dalam   Bentuk   Antologi Puisi

Olwh                     :     Dian Safitri Dewi Harahap, S.Pd

 

Latar Belakang Masalah

 SMA S Generus Bangsa adalah sekolah yang berbasis pondok pesantren. Dimana  semua siswanya juga merupakan santri pondok pesantren.  Sebagai siswa dan santri, otomatis waktu mereka juga terbagi dua dan cukup banyak menghabiskan waktu mereka. Menyadari kekurangan waktu yang kami miliki bukan berarti tidak bisa untk berkarya.Walaupu mungkin bukan karya hebat tapi inilah alur perubahan yang akan CGP buat.

Bersasarkan itulah maka CGP berencana membuat sebuah aksi nyata dalam proyek beserta peserta didik yaitu meluncurkan antologi puisi hasil karya siswa kelas XII. Untuk  contoh awal memang sengaja dibuat di kelas XII agar juga bisa menjadi hadiah bagi diri mereka saat menyelesaikan pelajarannya.

 

TUJUAN

 

Tujuan dari tindakan aksi nyata ini adalah

1. Tingkat literasi peserta didik akan meningkat. Karena siswa yang mau menulis maka  

    tingkat kemauan membaca akan lebih besar.

 

2. Melatih kemampuan siswa menulis dan meningkatkan literasi.

 

3. Menghasilkan karya yang bisa siswa nikmati

 

 

TOLAK UKUR

 

1. Peserta didik mampu menulis antologi cerpen dengan baik dan benar

 

2. Berubahnya pola pikir anak bahwa menulis itu sulit .

 

Linimasa dan Tindakan yang Akan Di Ambil

 

Langkah-langkah dalam mengaplikasikan rancangan aksi nyata :

1. Perencanaan

   1.1Pada kegiatan aksi nyata ini CGP melaksanakan pendahuluan perencanan melalui

        sosialisasi kepada siswa kelas XII terlebih dahulu, sebagai tolakukurkeberhasilan kelak.

1.2. Mengajak siswa untuk berfikir dan mulai merencanakan kapan pelaksanaan menulis itu

       akan dimulai.

1.3. Bersama siswa melakukan melakukan kegiatan literasi untuk menambah wawasan

1.4. Menyusun rencana waktu pelaksanaan menulis bersama

1.5. Mengajukan rancangan dan rencana menulis yang telah disepakati kepada kepala sekolah

       guru ,dan orang tua siswa

 

2. Pelaksanaan

 

Setelah rancangan rencana disetujui oleh Kepala sekolah , guru dan orang tua, maka pelaksanaan menulis akan segera di mulai.

* Guru membantu siswa dan membimbing siswa dalam pelaksanaan menulis/

* Guru memberikan bberpa contoh dan teknik dalam menulis puisi

* Guru juga bekerja sama dengan beberapa pihak terkait proses editing hasil peserta didik

   nantinya,

 

 

DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN

 

1. Dalam hal ini CGP sangat perlu dukungan dari kepala sekolah, menyangkut izin tambahan

    waktu dalam menulis, izin penggunaan lab.komputer sebagai tambahan ekstra, dan untuk

    pembiayaan cetak buku antologi puisi siswa.

 

2. Dari rekan-rekan guru yang kira-kira ingin juga kut membantu dalam menyumbangkan

    puisinya, serta ikut berkontribusi dalam pembiayaan.

 

3. Dari orang tua peserta didik.

4. Dari pihak lain yag bersedia mendukung program ini

 

Cara Mendapatkan dukungan itu adalah dengan mengadakan pendekatan pada semua pihak terutama Kepala sekolah lalu menjelaskan manfaat yang akan kita dapatkan baik untuk diri siswa sendiri, sekolah dan guru-guru lainya.

Kemudian menunjukan bukti kesereriusaanda ketekunan  anak dalam memulai berkarya.

 

 

Bukti-bukti dokumentasi saat mulai proses ini.

 

1. Membuat keceriaan/outbound  pada peserta didik sebelum mulai menulis

 


2.Menunjukkan satu bukti nyata pada peserta didik baik ituberupa buku hasil karya ataupun sertifikat, sebegai penyeangat mereka


 

3. Mulai Memberi contoh dan pemahaman dalam menulis

  

 
  4. Mulai latihan
             


              

Proses Menulis berlanhsung bertahap, hingga waktu penyelesaian

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2.3.a.5.1. Unggah Hasil Rekaman Ruang Kolaborasi - Teknik Coaching dari Model Tirta